Resep Roti Unyil Yang Cepat dan Mudah

Resep roti unyil yang cepat dan mudah memang banyak dicari oleh banyak orang, terutama para ibu yang ingin menyajikan kue unyil dengan berbagai kreasi menarik yang cocok bagi buah hati mereka. Kue unyil ini sebenarnya adalah kue seperti pada umumnya, namun memiliki ukuran yang lebih kecil atau imut. Kue jenis ini sering disajikan dengan berbagai kreasi, seperti kue unyil rasa pizza, kue unyil coklat, kue unyil abon, dan masih banyak lagi.
Resep Roti Unyil Yang Cepat dan Mudah
Resep Roti Unyil Yang Cepat dan Mudah
Kue seperti ini sangat popular di daerah jawa barat, terutama Bogor dan Bandung. Jika Anda berniat ingin membuat sendiri, berikut adalah resep kue unyil pilihan yang bisa Anda coba.

Bahan-bahan Roti Unyil yang dibutuhkan

  • 100 gram tepung berprotein tinggi
  • 100 gram tepung dengan protein sedang
  • 125 ml air es
  • 7 gram yeast
  • 3gram emulsifier
  • 65 gram gula
  • 20 gram susu bubuk biasa
  • 1 butir kuning telur, kocok lepas
  • 40 gram margarine dengan suhu ruang
  • 5 gram garam
Topping : abon, sosis, saus sambal, mayonnaise, coklat meses, kismis, keju parut, jamur kancing cincang halus
Bahan Olesan : 2 butir telur, ambil kuningnya saja, kocok lepas dan tambahkan 25 ml susu cair tawar

Cara membuat roti unyil :

  1. Campur tepung berprotein sedang dan protein tinggi menjadi satu dan aduk hingga rata.
  2. Tambahkan susu bubuk, yeast serta gula pasir, dan aduk kembali hingga semua bahan tercampur dengan rata dan sempurna.
  3. Setelah adonan tercampur sempurna, buatlah lubang di tengahnya dan masukkan kuning telur satu persatu sambil terus diaduk hingga tercampur rata. Tambahkan air sedikit demi sedikit dan terus uleni hingga adonan menjadi kalis dan elastic.
  4. Tambahkan emulsifier, margarine dan garam, lanjutkan dengan menguleninya hingga kalis serta elastic. Adonan biasanya bisa menjadi elastic setelah diuleni hampir satu jam secara terus menerus. Setelah adonan menjadi elastic, masukkan adonan ke dalam sebuah wadah dan tutup dengan plastic wrapping. Diamkan selama kurang lebih 1jam agar bisa melakukan fermentasi.
  5. Setelah adonan mengembang, buang gas yang ada didalamnya dengan cara memukul-mukulnya. Kemudian ambil adonan sebanyak kurang lebih 25gram dan buatlah bulatan-bulatan hingga semua adonan habis.
  6. Siapkan Loyang yang telah diolesi margarine dan ditaburi tepung terigu pada permukaannya. Mulailah dengan membentuk adonan sesuai dengan bentuk yang anda inginkan. Olesi permukaan kue dengan bahan olesan yang sudah kita buat tadi, dan diamkan kurang lebih 10 hingga 15 menit. Berikan isian sesuai dengan selera anda. Untuk pizza, anda bisa memberi jamur, sosis dan saus sambal. Untuk kue abon, taburkan saat anda sudah selesai memanggang agar rasa abon tetap gurih dan renyah. Gunakan imajinasi anda untuk hal ini.
  7. Sementara itu, panaskan oven dengan suhu 190 derajat celcius. Panggang kue unyil anda selama 30 menit atau kue matang dengan warna coklat keemaasan. Kini kue unyil siap dinikmati.

0 Response to "Resep Roti Unyil Yang Cepat dan Mudah"

Posting Komentar