Resep Ayam bakar Kalasan Mudah dan Praktis

Ayam bakar Kalasan ini sangat berbeda dengan ayam bakar pada umumnya kerena cita rasa yang dimiliki dari ayam bakar kalasan sangat enak dan lezat, rempah-rempah yang digunakan bervarian dibanding dengan ayam bakar biasa. Siapaun yang menikmatinya akan merasa ketagihan dengan rasa dari ayam bakar kalasan ini.

Resep Ayam bakar Kalasan Mudah dan Praktis

Perbedaan yang mendasar dari ayam bakar kalasan dangan ayam bakar biasa adalah ayam bakar kalasan memiliki ciri khas dengan menggunakan ayam kampung sehingga tekstur dagingnya pun beda dengan ayam potong , tekstur ayam kampung lebih lembut dibanding ayam potong, apalagi dengan racikan berbagai aneka rempah-rempah yang meresap kedalam daging kerena proses pembakaran yang dilakukan secara alami, membuat siapapun yang melihatnya akan merasa lapar dan ingin mencobanya. Tidak perlu menunggu lama, dengan bantuan resep masakan dibawah ini Anda bisa membuatnya sendiri di rumah, Cara membuat ayam bakar kalasan :

Bahan-bahan Ayam bakar Kalasan

  1. Siapkan 1 ekor ayam kampung
  2. 2 ruas lengkuas
  3. 2 lembar daun salam
  4. 2 batang serai
  5. 3 biji gula merah lalu disisir halus
  6. 1 buah kelapa diambil santannya
  7. 200 cc air kelapa muda
  8. Lalapan kol, daun kemangi dan mentimun
Bahan Bumbu Halus
  • 7 Siung bawang merah kupas bersih
  • 5 siung bawang putih kupas bersih
  • 5 butir kemiri
  • 1 sdm ketumbar
  • ¼ sdt jinten
  • 1 sdt garam
Bahan Sambal Limau

  • 2 cm terasi bakar
  • 6 buah cabai merah
  • 2 buah jeruk limau
  • ½ potongan gula merah
  • 1 sdt garam

Cara Membuat Ayam bakar Kalasan

  1. Bersihkan ayam kampung lalu belah menjadi dua tapi jangan sampai lepes, lalu masak air kelapa dan santan dengan tambahan bumbu halus, lengkuas, daun salam, serai dan tunggu hingga mendidih.
  2. Lalu masukan ayam dan tambahkan sedikit garam, gula merah masak hingga bumbu meresap ke dalam daging.
  3. Angkat ayam lalu tiriskan, kemudian bakar ayam dengan menggunakan bara api hingga berwarna kecoklat-coklatan.
  4. Tahap yang terakhir tinggal memberikan sambal limau di atas ayam yang sudah dibakar tadi, cara pembuatan sambal limau hanya dengan menghaluskan semua bahan lalu beri air perasan jeruk limau.
  5. Lalu sajikan selagi masih panas dengan lalapan yang masih mentah akan memberikan sensasi tersendiri saat menikmati ayam bakar kalasan ini.

Itulah resep Ayam Bakar Kalasan yang dapat membantu Anda jika sudah merasa bosan dengan hidangan ayam bakar yang biasa saja, dan dengan resep yang sudah disajikan di atas menjadikan Anda lebih dapat berkreasi mengubah tampilan dan rasa dari ayam bakar yang biasa-biasa saja menjadi luar biasa, selamat mencoba.

0 Response to "Resep Ayam bakar Kalasan Mudah dan Praktis"

Posting Komentar