Resep Kimchi Sederhana Makanan Khas Korea

Resep kimchi sederhana – Pernahkan anda mengonsumsi kimchi? atau barangkali anda belum pernah mendengar sebelumnya? Jadi kimchi ini adalah makanan khas yang berasal dari Korea. Hidangan ini sebenarnya lezat dan juga menyehatkan, apalagi makanan ini sangat cocok bagi lidah-lidah yang menyukai makanan asam-asam pedas. Untuk kandungan yang terdapat pada kimchi sendiri juga cukup banyak, di antaranya adalah kaya akan mineral dan vitamin, hal ini karena kimchi berbahan dasar sayuran yang mengandung antioksidan yang cukup tinggi, di samping itu juga mampu membantu menurunkan kolesterol.




Jadi mengapa anda tidak mencoba membuatnya sendiri di rumah, sebab cara pembuatannya juga tidak terlalu susah. Bahkan dengan cara yang sederhana sekalipun kita bisa mendapatkan rasa kimchi yang nikmat dan lezat.

INI DIA RESEP KIMCHI SEDERHANA

bahan-bahan yang dibutuhkan :

4 batang daun bawang yang di iris tipis-tipis
1 buah sawi ukuran besar
Setengah batang lobak putih yang di iris tipis
4 siung bawang putih yang sudah diparut halus
6 sdm bubuk cabe korea (atau anda juga bisa mengganti dengan bubuk cabe biasa)
1 ruas jari jahe parut
2 sdt garam dapur halus
Setengah gelas garam laut kasar
1 sdm gula
Air secukupnya

Cara membuat resep kimchi sederhana :

  1. Pertama kita biarkan sawi tetap utuh dan di cuci sampai bersih dengan air yang mengalir sampai ke lembar terdalam sekalipun.
  2. Kemudian campurkan setengah gelas garam laut dengan air matang ke dalam mangkuk besar atau bisa juga pada baskom kecil. Jadi rendamlah sawi pada larutan tersebut selama kurang lebih 6 jam.
  3. Setelah 6 jam, sawi bisa kita angkat dan kita cuci kembali dengan air mengalir sampai benar-benar bersih dan tiriskan.
  4. Lalu campurkan jadi satu bahan-bahan seperti gula, jahe, bubuk cabe, lobak, saus ikan, daun bawang serta sedikit garam dapur. Jadi balurkan campuran bahan tersebut hingga merata ke seluruh bagian sawi sampai ke sela terdalam sembari agak di remas-remas supaya cairan jus sayurnya bisa keluar.
  5. Kemudian kita simpan dalam sebuah wadah tertutup dan kedap udara, biasanya akan lebih bagus menggunakan toples kaca. Jadi biarkan setidaknya 2 hari hingga bumbu benar-benar meresap dengan daging sawi.
  6. Nah, jika sudah makanan khas Korea, Kimchi sudah siap untuk dikonsumsi
Catatan :

Pada dasarnya resep kimchi bisa saja berbeda menyesuaikan dengan selera masing-masing, namun untuk cara pembuatannya relatif sama yaitu difermentasikan. Namun anda juga bisa mengganti sayurannya dengan jenis sayur lainnya misalnya seperti kol, wortel, timun dan sebagainya. Hal ini sesuai dengan selera anda.

Demikian tadi resep kimchi sederhana dan tidak ribet. Anda bisa mencobanya sendiri untuk bisa menikmati hidangan khas Korea tersebut.

0 Response to "Resep Kimchi Sederhana Makanan Khas Korea"

Posting Komentar